PENGANTAR

on Minggu, 22 Januari 2012

Haramnya rokok memang tidak disebutkan secara spesifik di dalam Al-Quran maupun Hadits. Dalam tulisan ini saya mencoba menyampaikan dalil-dalil aqli dan naqli, yang mudah-mudahan atas perkenan dan hidayah Allah Azza wa Jalla, akan membukakan hati saudara-saudaraku seiman kepada kesimpulan tentang haramnya rokok. Dan selanjutnya berhenti merokok karena Allah Ta’ala semata.

Berhenti merokok adalah masalah iman. Tanpa hidayah Allah Ta’ala yang diterima oleh hati yang bersih dan keyakinan yang penuh akan datangnya hari akhir, seseorang tidak mungkin bisa melepaskan diri dari cengkeraman “berhala-berhala kecil, sembilan senti panjangnya” (dari puisi : “Tuhan Sembilan Senti”, karya Taufiq Ismail. Puisi lengkapnya dapat dibaca di bagian akhir tulisan ini) itu. Dalam kenyataan sehari-hari, berapa banyak mereka yang dalam KTP-nya tercantum beragama Islam, yang tidak rela melepaskan diri dari maksiat yang sangat jelas keharamannya, yang karenanya tidak perlu fatwa dari siapapun. Seperti syirik, judi, zina, membunuh, korupsi dan lain sebagainya. Namun barangkali, walaupun mereka tahu bahwa salah satu dari rukun iman yang enam itu adalah percaya akan adanya hari akhir, mereka tidak yakin akan hal itu, disebabkan jauhnya hidayah Allah dari mereka. Kita berlindung kepada Allah dari hal demikian.

Memang, rokok adalah sesuatu yang tidak diketemukan di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, akan tetapi agama Islam telah memberikan tuntunan dengan nash-nash yang universal, semua hal yang membahayakan diri, mencelakakan orang lain dan menghambur-hamburkan harta adalah hal yang terlarang.

Sungguh benar, asap rokok berbahaya bagi kesehatan pencandunya. Bahaya itu sangat besar, menghancurkan hati, memperlemah fisik, serta mengundang berbagai penyakit. Dan, jika tidak bertaubat pada Allah Yang Maha Pengampun, di akhirat kelak pelakunya akan menerima siksa yang sangat berat dan berkepanjangan. Lagi pula, bahaya yang mengancam kesehatan itu bukan hanya bagi perokoknya saja, namun juga membahayakan bagi orang-orang yang berada di sekelilingnya, atau yang dikenal dengan sebutan perokok pasif.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar