Mudharatnya Rokok Dari Sisi Kesehatan

on Minggu, 22 Januari 2012

Para ahli yang kompeten di bidangnya mengatakan bahwa asap rokok mengandung 4000 (empat ribu) bahan kimia di mana sebagian darinya merupakan zat racun. Hal ini antara lain diutarakan ole

1. Dokter Tjandra Yoga Aditama SpP (K) MARS, spesialis paru dari RS Persahabatan, Jakarta, Penerima WHO Award On Tobacco Control 1999 (harian Republika 8 Juni 2003).

2. Dokter Nancy dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) (harian Kompas 30 Mei 2004)

3. Ensiklopedi Encarta (Microsoft Encarta Reference Library 2005):

Tobacco contains nicotine, an addictive drug.Tobacco smoke also contains more than 4,000 chemical compounds, including at least 43 cancer-causing compounds. Forms of tobacco that are smoked-cigarettes, pipes, and cigars-cause lung cancer, emphysema, and other respiratory diseases. Smoking also contributes to coronary heart disease and, in pregnant women who smoke, low birth weight of newborns. Chewing tobacco and inhaling snuff causes cancer of the mouth, nose, and throat and can lead to nicotine addiction.

“Tembakau mengandung nikotine, suatu zat bius adiktif (suatu zat yang menimbulkan ketergantungan pada pemakainya secara terus menerus/ketagihan). Asap tembakau juga mengandung lebih dari 4000 senyawa kimia, termasuk di dalamnya paling tidak 43 senyawa penyebab kanker. Bentuk-bentuk dari tembakau yang dihisap --sigaret (rokok), pipa, dan cerutu—menyebabkan kanker paru, emphysema (pembengkakan paru-paru yang menyebabkan kesulitan dalam bernafas dan sering menghambat aktivitas jantung untuk dapat bekerja normal) dan penyakit-penyakit pernafasan lain. Merokok juga menyebabkan terjadinya jantung koroner, dan, pada wanita mengandung yang merokok, akan melahirkan bayi dengan berat di bawah normal. Sejenis permen dari tembakau dan “tembakau hirup” menyebabkan kanker mulut, hidung dan tenggorokan dan menimbulkan ketergantungan/ketagihan pada nikotine.”

4. Dokter Subagyo Partodiharjo Direktur Lembaga Kesehatan Preventif, Ketua Umum Komite Nasional Anti Penyalahgunaan Narkoba dalam bukunya “KENALI NARKOBA & MUSUHI PENYALAHGUNAANNYA”

Menurut Dokter Subagyo Partodiharjo, setiap kali mengisap rokok, seorang perokok dengan sengaja telah memasukkan 4000 zat kimia yang sebagian di antaranya adalah zat racun ke dalam tubuhnya. Oleh karenanya tidak mengejutkan jika begitu banyak mudharatnya rokok bagi kesehatan manusia, dan begitu banyak manusia meninggal karena terlalu banyak merokok.

Penyakit apa sajakah yang timbul akibat rokok ?

Peringatan bahaya merokok yang dipampang di banyak tempat.

Kalimat yang sama dapat ditemui pada setiap bungkus rokok, iklan-iklan rokok, baliho-baliho, papan-papan reklame di jalan tol, dsb.

Berapa banyak yang peduli ???



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar