Ibarat mendorong mobil mogok

on Senin, 23 Januari 2012
Mobil konvensional yang tidak dapat distart pada pagi hari yang dingin karena aki lemah, biasanya dapat dihidupkan mesinnya dengan jalan kunci kontak di “on”, kopling diinjak, transmisi dimasukkan gigi dua, kemudian minta bantuan orang lain mendorongnya. Setelah beberapa meter didorong, kopling dilepas mendadak/nyentak, biasanya mesin akan nyala. Namun demikian, jika si sopir tidak meng “on” kan kunci kontak, seberapa jauhpun dan seberapa banyak orang yang mendorong, mesin mobil tidak akan menyala. Jawabannya ada pada si sopir, dia meng “on” kan kunci kontak atau tidak.
Begitu pula dengan apa yang saya tulis di atas, hanyalah sebagai pendorong saja. Kuncinya ada pada anda sendiri. Walaupun seandainya pendorong itu berupa fatwa haramnya rokok oleh para ulama besar dunia, namun jika anda tidak benar-benar bertekat berhenti merokok, maka keadaan anda sebagai perokok dengan berbagai konsekwensi duniawi dan ukhrawinya, tidak akan berubah.

Allah Ta’ala berfirman :
....Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. ...(Q.S. Ar Ra’d : 11).
Kalau tidak juga mau mengubah, jangan menyesal pada hari yang tiada guna lagi penyesalan itu, karena segala perkara sudah diputus, karena hari itu adalah hari penyesalan. Firman Allah Ta’ala :
Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputus. Dan mereka dalam kelalaian dan mereka tidak (pula) beriman.(Q.S. Maryam : 39)
Tidakkah anda ingin menjadi muslim yang baik, yang berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ciri-cirinya adalah meninggalkan yang sia-sia, sebagaimana dalam hadits berikut :
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu telah berkata: Telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Sebagian tanda dari baiknya ke Islaman seseorang ialah ia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya.” (Hadits hasan, diriwayatkan Tirmidzi dan lainnya) [1]


[1] Hadits Arba’in An Nawawiyyah, nomor 12.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar